BMKG Peringatkan Kepulauan Enggano, Berpotensi Terjadi Gelombang Laut Tinggi Mencapai 5 Meter Akhir Pekan Ini.

Share it

SC-Bengkulu. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang laut sangat tinggi bisa mencapai 5 meter pada akhir pekan ini.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, potensi gelombang laut tinggi ini bisa terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 6-7 Agustus 2022 akibat pengaruh pola dan kecepatan angin.

Adapun monitoring BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara hingga ke Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 6-15 knot.

Sedangkan, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur hingga ke Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.

Sementara, BMKG menyebutkan bahwa kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia Selatan Banten, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur mencapai 20 knot yang dapat berpotensi menyebabkan gelombang laut tinggi.

Kondisi-kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25 hingga 6 meter pada tanggl 6-7 Agustus 2022. Herzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *