Pemerintah Kecamatan Pasar Manna Luncurkan Program Bapertun untuk Bantu Warga yang Membutuhkan

Share it
Camat Pasar Manna, Mimi Herawati, M.Si, menjelaskan bahwa Bapertun adalah bukti nyata kehadiran pemerintah dalam meringankan beban warga yang membutuhkan. Program ini diinisiasi melalui pengumpulan dana dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Pasar Manna.(13/09/2024)(foto:Yudi/Selimburcaya.com).

Bengkulu Selatan, Selimburcaya.com – Pemerintah Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), menghadirkan Program Bantuan Pertama Tunai (Bapertun) sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan. Program ini merupakan inovasi daerah yang telah mendapatkan penilaian dari Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan.

Camat Pasar Manna, Mimi Herawati, M.Si, menjelaskan bahwa Bapertun adalah bukti nyata kehadiran pemerintah dalam meringankan beban warga yang membutuhkan. Program ini diinisiasi melalui pengumpulan dana dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Pasar Manna.

“Kami sudah mulai melakukan iuran sejak awal tahun 2024, melibatkan kepala desa, lurah, Danramil, Kapolsek, KUA, PLKB, Kepala Puskesmas, dan ke depannya seluruh ASN di kelurahan dan kecamatan juga akan ikut berkontribusi, meskipun besarnya mungkin berbeda sesuai kemampuan dan kesepakatan,” ungkap Mimi.

Program Bapertun telah berhasil memberikan bantuan kepada warga yang terkena bencana alam dan yang sedang sakit. Mimi menuturkan, program ini juga berperan dalam upaya pengentasan stunting dengan memberikan bantuan kepada anak-anak yang terindikasi stunting.

“Kami sudah menyerahkan bantuan uang tunai kepada dua warga Kelurahan Pasar Bawah yang terdampak bencana puting beliung. Sebelumnya, beberapa warga yang sakit juga telah menerima bantuan,” ujar Mimi.

Mimi berharap agar Program Bapertun terus berkembang dan mampu menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan. Ia juga mengajak seluruh pihak terkait untuk ikut serta dalam program ini atas dasar kemanusiaan.

“Saya sangat berharap program Bapertun ini dapat terus berkembang dan melibatkan lebih banyak stakeholder untuk saling membantu sesama,” pungkasnya.

Program Bapertun menjadi bukti nyata sinergi pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan kepedulian sosial yang bermanfaat bagi warga di Kecamatan Pasar Manna.

Pewarta : Yudi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *