Pembangunan Sport Center Mulai Dikerjakan, Begini Progresnya

Share it
Dua proyek pembangunan besar di Kabupaten Lebong, yaitu pembangunan Sport Center dan sarana prasarana (sapras) wisata kuliner “Makan Asik dan Santai di Tengah Jalan” (Masdilan), saat ini masih berjalan(05/10/2024)(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Lebong, Selimburcaya.com – Dua proyek pembangunan besar di Kabupaten Lebong, yaitu pembangunan Sport Center dan sarana prasarana (sapras) wisata kuliner “Makan Asik dan Santai di Tengah Jalan” (Masdilan), saat ini masih berjalan . Hingga saat ini, pembangunan Sport Center baru mencapai 20 persen, sedangkan proyek Masdilan baru berjalan 10 persen,

Proyek pembangunan Sport Center ini dilaksanakan di lapangan Hatta, Kampung Muara Aman, sementara proyek Masdilan berlokasi di depan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara. Kedua proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan fasilitas publik di Kabupaten Lebong, baik dari sisi olahraga maupun kuliner.

Kepala Bidang Cipta Karya (CK) Dinas PUPR-Hub Kabupaten Lebong, Mast Irwan Nugraha, ST, melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Reizki Darmawan, ST, menyampaikan bahwa kedua proyek tersebut masih dalam tahap pengerjaan sesuai rencana awal.

“Saat ini kegiatan masih terus dilaksanakan oleh pihak rekanan,” ujar Reizki pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Reizki menjelaskan bahwa progres pembangunan Masdilan baru mencapai 10 persen, sedangkan Sport Center sudah berada di angka 20 persen lebih. Meski begitu, ia optimis bahwa pengerjaan kedua proyek ini bisa selesai tepat waktu sesuai dengan batas akhir kontrak.

“Kontrak Masdilan hingga November, sementara Sport Center hingga Desember 2024,” lanjutnya.

Untuk Sport Center, saat ini pengerjaan yang sedang berlangsung meliputi pembangunan pagar keliling, area publik, pemasangan wall climbing, tribun, dan beberapa fasilitas lainnya. Sementara itu, di proyek Masdilan, sedang dilakukan pembuatan kolam, pot bunga, dan pemindahan tiang telepon.

Reizki juga menjelaskan bahwa proyek Masdilan memerlukan pengadaan barang dari luar daerah, yang menyebabkan keterlambatan dalam pengerjaan. Barang-barang yang dibutuhkan diperkirakan baru tiba di Kabupaten Lebong pada pertengahan Oktober 2024.

“Jika barangnya sudah tiba, maka bisa langsung dilakukan pemasangan,” ungkapnya.

Proyek pembangunan Sport Center ini menelan biaya sebesar Rp 4,9 miliar dan dikerjakan oleh CV King Konstruksi Utama. Sport Center ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga seperti stadion mini, lapangan basket, bola voli, panjat tebing, skateboard, dan jogging track.

Sementara itu, proyek pembangunan sarana prasarana Masdilan memakan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar dan dikerjakan oleh CV Wijaya Perdana. Masdilan dirancang sebagai kawasan kuliner yang beroperasi pada malam hari, di mana para pedagang akan ditempatkan di area yang telah disediakan, sementara pembeli bisa menikmati suasana kuliner sambil duduk santai di tengah atau di pinggir jalan.

Kedua proyek ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Lebong, terutama dengan adanya Masdilan yang difokuskan pada wisata kuliner malam hari, serta Sport Center yang menyediakan fasilitas olahraga bagi masyarakat.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *