Kejari Lebong Peringati Hari Lahir Kejaksaan ke-79: Tekankan Pentingnya Menjadi Sahabat Rakyat

Share it
Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong mengungkapkan harapan untuk menjadikan institusi kejaksaan sebagai sahabat rakyat dalam penegakan hukum. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lebong, Evi Hasibuan, SH, MH, usai menggelar peringatan Hari Lahir Kejaksaan di Gedung Indoor Kejari Lebong.(02/09/2024)(foto:Hafiz/Selimburcaya.c0m).

Lebong, Selimburcaya.com – Dalam momen peringatan Hari Lahir Kejaksaan Republik Indonesia ke-79 yang jatuh pada Senin, 2 September 2024, Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong mengungkapkan harapan untuk menjadikan institusi kejaksaan sebagai sahabat rakyat dalam penegakan hukum. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lebong, Evi Hasibuan, SH, MH, usai menggelar peringatan Hari Lahir Kejaksaan di Gedung Indoor Kejari Lebong.

Evi Hasibuan menekankan bahwa visi utama Kejaksaan Negeri Lebong adalah membangun citra kejaksaan sebagai lembaga yang dekat dan disayangi oleh masyarakat, bukan ditakuti.

“Sebelum menuju pada penegakan hukum, pertama-tama kami inginkan menjadikan Jaksa sebagai sahabat rakyat,” ujar Evi.

Ia menambahkan bahwa meskipun selama ini Kejaksaan mungkin dianggap menakutkan, namun di Hari Lahir Kejaksaan ke-79 ini, dirinya berharap Kejaksaan bisa lebih terbuka dan menjadi lembaga yang disayangi oleh masyarakat sebagai salah satu penegak hukum di Indonesia.

“Kadang-kadang orang itu takut ke Kejaksaan, padahal kita terbuka untuk masyarakat,” lanjutnya.

Terkait penegakan hukum di Kabupaten Lebong, Evi merasa bahwa Kejaksaan Negeri Lebong sudah menjalankan tugasnya dengan baik di berbagai bidang, termasuk Pidana Umum (Pidum), Pidana Khusus (Pidsus), Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), serta Intelijen.

“Kalau dalam hal penegakan hukum, itu sudah bagus, tetapi kami akan berusaha untuk meningkatkan kembali, tidak cukup sampai di sini, harus ada kualifikasi yang lebih baik,” katanya.

Selain itu, dalam konteks pengawasan Pilkada, Evi menegaskan bahwa Kejari Lebong akan lebih berfokus pada menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meminimalisir potensi gesekan di tengah masyarakat.

“Upaya kita untuk menjaga netralitas ASN adalah untuk meminimalisir adanya gesekan di tengah masyarakat,” tutup Evi.

Sementara itu, Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, yang juga hadir dalam acara tersebut, menyampaikan harapannya agar Kejari Lebong dapat menindaklanjuti semua kasus yang pernah masuk ke Kejaksaan Negeri Lebong.

“Karena, salah satu penegakan hukum di Indonesia adalah kejaksaan. Semoga hukum tetap menjadi panglima pembela hak-hak masyarakat,” singkatnya.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *