Kunjungan Forum Wartawan Solok ke Diskominfo Kota Bengkulu, Bahas Penyebarluasan Informasi Publik

Share it
Forum Wartawan Solok (FORWAS) dari Sumatera Barat,  melakukan kunjungan ke Diskominfo Kota Bengkulu. yang pada hari Jumat, (23/08/2024)(foto: Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Prestasi yang ditorehkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu, khususnya dalam hal diseminasi informasi, menarik perhatian berbagai pihak. Salah satunya adalah Forum Wartawan Solok (FORWAS) dari Sumatera Barat, yang pada hari Jumat, 23 Agustus 2024, melakukan kunjungan ke Diskominfo Kota Bengkulu.

Rombongan FORWAS dipimpin oleh Dewan Penasehat Forum Wartawan Solok, Syamsuardi Hasan dan Yemrizon Dt. Pengulu Nan Sati, serta Ketua FORWAS, Riswan Jaya, SH. Turut hadir dalam rombongan, Sekretaris FORWAS, Herman Rante, Bendahara, Irda Lili, Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Zulfikar Hendri, Bidang Kesra dan Umum, Albetra, dan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Humas, Yasril Yakub.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kota Bengkulu, Yoki Hardiyatno, bersama Pranata Humas Ahli Muda, Hendri Akbar, di ruang redaksi Bidang IKP.

Ketua FORWAS, Riswan Jaya, SH, menjelaskan bahwa tujuan dari audiensi ini adalah untuk memahami lebih dalam tentang hubungan kemitraan serta proses penyebarluasan informasi publik yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Bengkulu.

Dalam pertemuan tersebut, Yoki Hardiyatno menjelaskan bahwa Diskominfo berperan sebagai corong informasi pemerintah. Melalui berbagai platform, Diskominfo bertugas menyebarluaskan informasi mengenai program kerja Pemerintah Kota Bengkulu kepada masyarakat.

“Hubungan antara media di Kota Bengkulu dengan Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kominfo hingga saat ini berjalan cukup baik, terutama dalam hal komunikasi pemerintah dan media,” ujar Yoki.

Lebih lanjut, Yoki menambahkan bahwa peran Media Center Kota Bengkulu terus ditingkatkan agar informasi terkait program Pemkot Bengkulu dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Di sisi lain, Hendri Akbar, yang juga mantan jurnalis, menjelaskan bahwa saat ini terdapat sekitar 100 media yang terdaftar di Dinas Kominfo Kota Bengkulu, baik harian, mingguan, tabloid, maupun media online.

“Dari jumlah tersebut, nantinya akan dipilah lagi mana media yang aktif dan sudah memenuhi standar Dewan Pers, seperti memiliki Badan Hukum, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dan terdaftar di Dewan Pers,” jelas Hendri.

Terkait pemberitaan, Hendri menyampaikan bahwa awak media dapat mengikuti kegiatan Pemerintah Kota Bengkulu atau mengambil materi pemberitaan di Media Center Pemerintah Kota Bengkulu.

“Saat ini kami mengubah pola, bagi pers yang tidak bisa mengikuti kegiatan Pemkot Bengkulu dapat mengambil rilis di website Media Center Kota Bengkulu. Artinya, Dinas Kominfo Kota Bengkulu tidak menutup informasi apapun pada media,” pungkas Hendri.

Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan kemitraan antara media dan pemerintah, serta memperkuat peran Diskominfo dalam menyebarluaskan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *