Pembangunan Rumah Sakit Bersalin Ibu dan Anak Tino Galo (RSTG) Kota Bengkulu Dimulai Tahun Ini

Share it
Pembangunan Rumah Sakit Bersalin Ibu dan Anak Tino Galo (RSTG) Kota Bengkulu akan segera dimulai tahun ini. Dengan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 17 miliar, proses lelang telah selesai, dan pembangunan empat gedung tambahan pun segera dimulai.Kamis(15/08/2024)(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pembangunan Rumah Sakit Bersalin Ibu dan Anak Tino Galo (RSTG) Kota Bengkulu akan segera dimulai tahun ini. Dengan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 17 miliar, proses lelang telah selesai, dan pembangunan empat gedung tambahan pun segera dimulai.

Empat gedung yang akan dibangun mencakup gedung IGD, gedung perawatan, gedung penunjang, dan gedung sarana. Direktur RSTG Kota Bengkulu, drg Fitri Tiarsari Adriarti, menjelaskan bahwa lokasi pembangunan tetap menggunakan eks terminal Sungai Hitam. Gedung lama tidak akan lagi digunakan untuk pelayanan, dan semua layanan akan dipindahkan ke gedung baru yang lebih modern.

“Pembangunan sudah dimulai dan insya Allah tahun ini selesai, sehingga tahun depan bisa efektif dioperasikan,” ujar Fitri.

Selain pembangunan gedung, RSTG juga akan menambah alat kesehatan (alkes) yang dialokasikan dari DAK. Namun, untuk tenaga kerja atau SDM, saat ini belum ada penambahan, dan pihaknya akan memaksimalkan 92 tenaga kesehatan yang ada.

Fitri mengungkapkan kegembiraannya atas pengembangan RSTG yang diharapkan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya di Kota Bengkulu. Sebagai Direktur RSTG, ia berkomitmen untuk mendedikasikan dirinya bagi kemajuan rumah sakit ini. “Sebagai direktur RSTG, insya Allah saya dan semuanya dapat mewujudkan mimpi Pemkot Bengkulu untuk menjadikan RSTG terbaik di dunia dalam hal pelayanan,” tegasnya.

RSTG juga berencana mengoptimalkan pelayanan prima dengan petugas-petugas pilihan, bahkan siap melayani pasien dari luar kota, sebagai bentuk komitmen pelayanan yang terbaik.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Haryadi, berharap dengan gedung baru ini, RSTG dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan seperti ruang UGD, ruang radiologi, ruang rawat inap, ruang laboratorium, hingga farmasi yang terintegrasi. Ia juga menekankan pentingnya peningkatan fasilitas untuk menunjang pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Mudah-mudahan pelayanan kesehatan semakin meningkat dan membaik dengan sarana fasilitas yang terpenuhi, dan terpenting masyarakat senang dan bahagia,” harap Joni.

Dengan perkembangan RSTG yang pesat dan tingginya jumlah kunjungan pasien, pengembangan sarana dan fasilitas yang lebih memadai menjadi sangat penting untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *