PemprovBengkulu Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa untuk Pelayanan yang Efisien dan Akuntabel

Share it
Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Tahun 2024 merupakan hasil kerjasama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh desa di Bengkulu dan digelar serentak di hotel-hotel di Kota Bengkulu(28/07/2024)(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu terus menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa (Pemdes) guna mewujudkan pelayanan yang efisien, efektif, dan akuntabel kepada masyarakat. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, Siswanto, mengumumkan bahwa dalam waktu dekat akan digelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan seluruh Aparatur Pemdes di Bengkulu.

“Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Tahun 2024 merupakan hasil kerjasama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh desa di Bengkulu dan digelar serentak di hotel-hotel di Kota Bengkulu,” kata Siswanto pada Minggu (28/7/24).

Siswanto menjelaskan bahwa Bimtek akan diadakan secara bertahap dan diikuti oleh ribuan aparatur Pemdes dari 10 kabupaten/kota. Tujuannya adalah agar Aparatur Pemdes cakap dalam pengelolaan anggaran desa, pengembangan Badan Usaha Milik Desa, serta kecakapan inovasi.

“Bimtek ini sangat penting untuk membuat Perangkat Desa semakin profesional dan mampu melayani masyarakat dengan baik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam pelaksanaan pengawasan keuangan desa sehingga dapat dilaksanakan secara efisien, efektif, dan akuntabel,” tambah Kadis PMD.

Siswanto menegaskan bahwa pelatihan ini diperlukan untuk meningkatkan kompetensi semua aparatur desa, termasuk Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa di Bengkulu. Diharapkan pelatihan ini mampu mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa.

“Kami berharap pelatihan ini dapat mendorong kepala desa, perangkat desa, dan pengurus kelembagaan desa untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, serta memiliki pemahaman manajemen kepemimpinan dan kewirausahaan,” tutup Siswanto.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *