Kebakaran di Jalan Jenggalu Lumatkan Bangunan Jenggalu Adventure Camp

Share it
Kebakaran hebat terjadi di Jalan Jenggalu, Kelurahan Lingkar Barat, melahap habis bangunan Jenggalu Adventure Camp hingga hanya menyisakan puing-puing. Kejadian ini terjadi pada Rabu pagi(03/07/2024)(Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Kebakaran hebat terjadi di Jalan Jenggalu, Kelurahan Lingkar Barat, melahap habis bangunan Jenggalu Adventure Camp hingga hanya menyisakan puing-puing. Kejadian ini terjadi pada Rabu pagi, menyebabkan kerugian yang diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Joan Bintang Pratama, saksi mata sekaligus Manager Pengelola Jenggalu Adventure Camp, menjelaskan bahwa api bermula dari percikan yang muncul di dekat area WC.

“Saat kami gotong royong, tiba-tiba ada percikan api di dekat WC,” ungkap Joan.

Pada saat kejadian, Joan bersama teman-temannya sedang melakukan gotong royong dan membakar sampah di bagian belakang bangunan.

“Memang saat gotong royong, kami bakar sampah di belakang bangunan,” tambahnya.

Setelah melihat api, Joan berusaha memadamkannya secara mandiri sementara temannya menghubungi pemadam kebakaran. Namun, naasnya, listrik mati sehingga mesin air tidak berfungsi dan air habis, membuat mereka tidak bisa memadamkan api dengan efektif.

“Saya suruh teman yang lain hubungi pemadam sambil kami mencoba memadamkan api sendiri, tapi air habis dan listrik mati, jadi kami tidak bisa berbuat apa-apa,” jelas Joan.

Dalam waktu 15 menit, api telah melahap sebagian besar bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu, sebelum akhirnya pemadam kebakaran tiba di lokasi.

“Api membesar dalam 15 menit, beruntung pemadam kebakaran tiba segera,” terang Joan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, Yuliansa, menjelaskan bahwa reaksi cepat dimulai setelah warga menghubungi posko induk, dan personil langsung menuju lokasi kejadian.

“Personil dapat laporan di pos induk dan langsung menuju ke TKP kebakaran,” jelas Yuliansa.

Sebanyak 5 armada mobil pemadam kebakaran diturunkan dan dalam waktu 30 menit berhasil memadamkan api, kemudian dilanjutkan dengan proses pendinginan. Menurut Yuliansa, penyebab kebakaran dipastikan berasal dari bunga api pembakaran sampah yang mengenai bangunan.

“Api diperkirakan berasal dari bunga api pembakaran sampah. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” tutup Yuliansa.

Kejadian ini mengingatkan pentingnya kewaspadaan dan pencegahan kebakaran, terutama saat melakukan aktivitas yang melibatkan api. Masyarakat diharapkan selalu berhati-hati dan memastikan lingkungan sekitar aman dari potensi kebakaran.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *