Sebanyak 172 Jemaah Haji Tiba di Mukomuko dengan Selamat

Share it
Sebanyak 172 jemaah haji asal Mukomuko tiba dengan selamat pada Minggu,(30/06/2024)(foto: Hafiz/Selimburcaya.com).

Mukomuko, Selimburcaya.com – Sebanyak 172 jemaah haji asal Mukomuko tiba dengan selamat pada Minggu, 30 Juni 2024, setelah menyelesaikan ibadah haji di tanah suci. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, H. Widodo, SH.I., menyampaikan bahwa dari total 178 jemaah haji yang berangkat tahun ini, hanya 172 yang kembali. Empat jemaah haji turun di Padang, satu jemaah sakit dirawat di RSGM-P Baiturrahmah Padang, dan satu jemaah lagi wafat di tanah suci.

Widodo menerangkan bahwa jemaah haji tiba di Mukomuko dengan tiga titik pemberhentian.

“Kita turunkan pertama di Masjid Darussalam Kecamatan Ipuh sebanyak 61 haji. Lalu, di Masjid Bandar Jaya Kecamatan Teramang Jaya sebanyak 52 haji, kemudian di Masjid Agung Kota Mukomuko sebanyak 59 haji,” jelasnya.

Sebanyak 172 jemaah haji asal Mukomuko yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) enam Debarkasi Padang, Sumatera Barat, meninggalkan Arab Saudi dan tiba di Kabupaten Mukomuko pada Minggu, 30 Juni 2024. Widodo menambahkan bahwa kepulangan mereka berjalan sesuai jadwal yang ditentukan sebelumnya.

“Saat ini seluruh haji sudah berkumpul bersama keluarga, kebahagiaan dan tangis keluarga terlihat saat penjemputan mereka dari tanah suci,” tambahnya.

Widodo berharap agar jemaah haji Mukomuko dapat membawa hikmah dan pengalaman spiritual yang dapat memperkuat iman dan takwa. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang telah bekerja keras dalam membimbing dan memberikan dukungan penuh kepada jemaah haji selama menjalankan ibadah di tanah suci.

“Semoga seluruh jemaah haji yang menunaikan rukun Islam kelima ini dapat kembali ke tanah air dengan keadaan sehat dan selamat hingga bergabung lagi di tengah keluarga. Itu yang selalu kami harapkan,” ujarnya.

Widodo menjelaskan bahwa kepulangan jemaah haji ke Kabupaten Mukomuko dari Debarkasi Padang tidak langsung ke Mukomuko karena ketentuan yang ada. Jemaah terbang dari Padang ke Bengkulu, kemudian dari Bengkulu pulang ke Mukomuko menggunakan bus yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko.

“Walaupun dekat dari Padang ke Mukomuko, namun sesuai aturan dan jadwal sebelumnya, dari Padang jemaah haji kita akan terbang lagi ke Kota Bengkulu, setelah itu baru menuju Mukomuko via darat,” terangnya.

Rincian jemaah haji dari Mukomuko yang tersebar di 15 kecamatan adalah sebagai berikut:
– Kecamatan Air Dikit: 2 orang
– Kecamatan Air Manjunto: 14 orang
– Kecamatan Air Rami: 2 orang
– Kecamatan Ipuh: 12 orang
– Kecamatan Kota Mukomuko: 24 orang
– Kecamatan Lubuk Pinang: 9 orang
– Kecamatan Malin Deman: 6 orang
– Kecamatan Penarik: 48 orang
– Kecamatan Pondok Suguh: 22 orang
– Kecamatan Selagan Raya: 1 orang
– Kecamatan Sungai Rumbai: 17 orang
– Kecamatan Teramang Jaya: 3 orang
– Kecamatan Teras Terunjam: 5 orang
– Kecamatan V Koto: 2 orang
– Kecamatan XIV Koto: 11 orang

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya ibadah haji tahun ini hingga berjalan lancar,” tandas Widodo.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *