Pemkab Mukomuko Sambut Kepulangan 177 Jemaah Haji dengan Persiapan Matang

Share it
Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdakab Mukomuko, Amri Kurniadi, S.Ag, mengonfirmasi bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan lima unit bus untuk mengangkut jemaah haji dari Bengkulu kembali ke Mukomuko.(29/06/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Mukomuko, Selimburcaya.comĀ  – Tim dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko telah berada di Bengkulu untuk menyambut kepulangan 177 jemaah haji asal Kabupaten Mukomuko. Jemaah haji tersebut dijadwalkan tiba di Bengkulu pada Sabtu malam, 29 Juni 2024 sekitar pukul 23.00 WIB.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdakab Mukomuko, Amri Kurniadi, S.Ag, mengonfirmasi bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan lima unit bus untuk mengangkut jemaah haji dari Bengkulu kembali ke Mukomuko.

“Jumlahnya ada 5 unit bus yang akan kita pakai untuk membawa jemaah haji dari Bengkulu pulang ke Mukomuko,” ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Mukomuko juga telah menyiapkan satu unit mobil ambulans beserta tenaga medis. Ambulans dan tenaga medis ini sudah standby di Bengkulu untuk mengantisipasi adanya jemaah haji yang mungkin mengalami gangguan kesehatan akibat perubahan iklim antara tanah suci dan Bengkulu. “Karena jemaah haji akan menghadapi perubahan iklim. Sebab iklim di tanah suci dengan iklim di Bengkulu berbeda. Itu sebabnya, ambulans dan tenaga medis kita siapkan,” jelas Amri.

Sebanyak 177 jemaah haji asal Kabupaten Mukomuko dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang pada Sabtu, 29 Juni 2024 sekitar pukul 18.30 WIB. Selanjutnya, mereka akan diterbangkan menuju Bandara Fatmawati Bengkulu dan tiba sekitar pukul 23.00 WIB. Jemaah haji kemudian akan diberangkatkan menuju Kabupaten Mukomuko pada Minggu, 30 Juni 2024 sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

“Ada tiga lokasi atau tempat turunnya jemaah haji asal Kabupaten Mukomuko. Diantaranya di Ipuh sebanyak 61 orang, di Teramang Jaya sebanyak 52 orang, di Masjid Agung Mukomuko sebanyak 59 orang. Sedangkan sebanyak 4 orang jemaah haji lainnya, kabarnya turun di Padang,” ungkap Amri.

Terkait dengan koper milik jemaah haji asal Kabupaten Mukomuko, Amri menjelaskan bahwa koper baru bisa diambil pada hari Senin, 2 Juli 2024. Proses pengambilan koper ini membutuhkan waktu dan setiap jemaah haji akan diberikan kupon sebagai tanda untuk mengambil koper mereka.

“Untuk pengambilan koper, bisa diambil jemaah haji yang bersangkutan atau pihak keluarga. Bahkan juga bisa diambilkan orang lain. Pengambilan koper kemungkinan di hari Senin siang di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko,” pungkasnya.

Dengan persiapan matang yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mukomuko, diharapkan kepulangan jemaah haji berjalan lancar dan para jemaah dapat segera berkumpul kembali dengan keluarga mereka di rumah.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *