Bupati RL dan Ribuan Jemaah PD Muhammadiyah Rayakan Idul Adha di Lapangan Setia Negara

Share it
Bupati Rejang Lebong, Drs.H.Syamsul Effendi, MM, bersama ribuan jemaah PD Muhammadiyah menunaikan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H di Lapangan Setia Negara Curup. Sholat yang dipimpin oleh Hauzan ini dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB, Senin, (17/06/2024)(foto:Yudi/Selimburcaya.com).

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Bupati Rejang Lebong, Drs.H.Syamsul Effendi, MM, bersama ribuan jemaah PD Muhammadiyah menunaikan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H di Lapangan Setia Negara Curup. Sholat yang dipimpin oleh Hauzan ini dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB, Senin, 17 Juni.

Di Lapangan Setia Negara, jemaah perempuan menggelar tikar dan sajadah di bagian belakang, sementara jemaah laki-laki membentuk deret shaf di bagian depan. Bupati, bersama para tokoh Muhammadiyah dan tokoh masyarakat, berada di shaf paling depan.

Dalam sambutannya, Bupati Syamsul Effendi menyampaikan bahwa Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang sangat istimewa, dikenal juga sebagai hari raya haji atau qurban.

“Hari ini kita mengenang peristiwa sejarah yang agung yang melibatkan Nabi Ibrahim dan Ismail yang ikhlas menjalankan perintah Allah,” ujar bupati.

Bupati menekankan dua makna penting dari Hari Raya Idul Adha: ketaqwaan manusia atas perintah Allah dan sosial dimana Rasulullah mendidik umat untuk memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama.

“Melalui momen ini saya mengajak seluruh umat untuk tidak melupakan saudara kita yang kurang beruntung dan berbagi kebahagiaan,” kata bupati.

Khotib Irvan Qowwiyul Al Aiz Al Hajj, SSi, MPd mengupas tiga hikmah Idul Adha dalam khutbahnya: ujian bagi orang yang dekat dengan Allah, tiada tempat mengadu selain kepada Allah, dan kemampuan untuk berbagi kepada Allah.

Sebelum sholat id dimulai, pengurus PD Muhammadiyah melaporkan jumlah hewan qurban yang akan disembelih di 12 masjid dan musholah. Total hewan qurban terdiri dari 68 sapi, 9 kambing, dan 3 kerbau. Khusus di Masjid Al Jihad, terdapat 9 sapi dan 2 kambing yang akan dikurbankan.

Pewarta : Yudi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *