Gara-gara ini Puskemas Talang Rimbo Lama Dapatkan Re-Akreditasi

Share it
Tim penilai re-akreditasi dari Labklin Kemenkes-RI, dr. Kerinadi Pinem, MA dan Afrizal B, SKM, turun untuk menilai kondisi BLUD Puskesmas Talang Rimbo Lama, Curup Selatan. Penilaian re-akreditasi ini dilaksanakan, (16 -18/05/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com.

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Tim penilai re-akreditasi dari Labklin Kemenkes-RI, dr. Kerinadi Pinem, MA dan Afrizal B, SKM, turun untuk menilai kondisi BLUD Puskesmas Talang Rimbo Lama, Curup Selatan. Penilaian re-akreditasi ini dilaksanakan, 16 – 18 Mei 2024.

‘’Kita sudah 2 hari melakukan penelusuran kinerja Puskesmas Talang Rimbo Lama ini. Mulai dari memantau sarana dan prasarana layanan di lingkungan Puskesmas hingga melihat langsung aktivitas di luar Puskesmas. Seperti aktivitas Posyandu Desa Suka Marga yang menjadi binaan Puskesmas Talang Rimbo Lama. Hasilnya Puskesmas ini layak mendapat re-akreditasi untuk 5 tahun kedepan,’’ jelas dr. Kerinadi Pinem saat melakukan pertemuan di Puskesmas Talang Rimbo, pukul 08.00 WIB, Sabtu, (18/5).

Dalam pertemuan di hari terakhir dengan pimpinan, staf dan tim medis Puskesmas Talang Rimbo Lama itu, Kerinadi dan Afrizal menyampaikan beberapa koreksi yang perlu dibenahi. Misalnya, penempatan petunjuk jalur evakuasi yang dipasang tinggi perlu diturunkan posisinya. Serta penempatan tabung pemadam kebakaran yang kurang pas. Termasuk papan nama Puskesmas yang perlu diperbarui.

‘’Secara umum, pemeriksaan dokumen, sarana dan prasarana pendukung kinerja Puskesmas Talang Rimbo Lama ini sudah baik dan lengkap. Kondisi peralatan medis dan penempatannyapun baik. Serta penampilan pegawainyapun cukup baik. Karena baju seragam yang dikenakan dalam 3 hari ini cukup bervariasi. Tidak hanya baju seragam PNS dan baju putih saja. Pesan saya tingkatkan terus kualitas pelayanannya,’’ ujar Kerinadi Pinem.

Hal senada disampaikan Afrizal, SKM. ‘’Kualitas pelayanan terhadap pasien maupun pelayanan masyarakat di luar Puskesmas perlu ditingkatkan. Berdayakan kader-kader dalam pelayanan Posyandu. Termasuk saat melakukan penyuluhan kesehatan masyarakat. Timbangan bayi perlu diganti yang lebih aman. Serta pola pelayanan di Posyandu perlu ditata lagi. Misalnya, layanan Lansia jangan dicampur dengan layanan KIA dan KB. Sehingga, saat petugas melakukan penyuluhan dapat lebih fokus,’’ tutur Afrizal.

Menanggapi sarana yang disampaikan tim re-akreditasi itu, Kepala Puskesmas Talang Rimbo Lama, Rita Yuliana, S.Kep, Ners berjanji siap menindaklanjuti saran yang disampaikan tim re-akreditasi.

‘’Untuk meningkatkan kualitas SDM para kader Posyandu kita telah melaksanakan pelatihan 25 kompetensi dasar kader Posyandu. Termasuk siklus layanan Posyandu Desa Suka Marga. Jadi, kita akan terus berusaha berbenah,’’ ungkap Rita Yuliana.

Sedangkan Kepala Tata Usaha Puskesmas Talang Rimbo Lama, NS Jaya Ashari, S.Kep mengucapkan terimakasih atas koreksi yang disampaikan tim re-akreditasi. ‘’Apa yang disarana tim re-akreditasi ini akan kita perbaiki. Dan penilaian ini sebagai pembelajaran bagi kami,’’ demikian Jaya Ashari.

Sebelumnya tim re-akreditasi disambut dengan formasi jejer para pegawai dari gerbang masuk menuju pintu utama Puskesmas. Barisan pegawai yang membentuk formasi penyambutan itu menyanyikan lagu ‘’selamat datang’’ dengan mengambil irama lagu ‘’Goyang Nasi Padang’’. Sehingga suasana penyambutan menjadi sangat akrab dan meriah.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *