Hello Kitty dan 420 Band Juara I Musik Etnik Kreatif

Share it
Hello Kitty Band dari Desa Pelalo, Binduriang berhasil menyabet juara I kategori umum. Dan 420 Band rebut juara I kategori pelajar dalam Lomba Band Kreasi Etnik HUT Kota Curup ke-144 yang dipentas di Lapangan Dwi Tunggal, Sabtu malam (11/05/2024)(Foto:Agus/Selimburcaya.com)

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Disaksikan ribuan penonton, Hello Kitty Band dari Desa Pelalo, Binduriang berhasil menyabet juara I kategori umum. Dan 420 Band rebut juara I kategori pelajar dalam Lomba Band Kreasi Etnik HUT Kota Curup ke-144 yang dipentas di Lapangan Dwi Tunggal, Sabtu, (11/5) malam.

Juara II dan III kategori umum diraih Bitter Sweet Band dan Bara Coustik Band. Sedangkan juara II dan III kategori pelajar dimenangkan Bandsos Band dari SMAN1 Curup dan The Inside dari SMANSA Lebong.

Malam final lomba band kreasi etnik ini juga disaksikan Wagub, Hendra Wahyudiansyah, SH, Sekdis Dikbud, Hanafi, SPd, MPd.

Penampilan Hello Kitty Band dengan 2 vokalis, Zuri dan Een memang apik. Tak heran jika 2 juri, Andi Robusta dan Waldi Creamilatte mendaulatnya sebagai juara I. Betapa tidak lagu wajib ‘’Kota Cu’up’’ diaransir bernuasa Jawa dengan menonjolkan cengkok langgam. Nuansa Jawa muncul dari instrument 2 pelok yang dimainkkan Dian dan Tria. Serta set gendang dimainkan Yudi dengan baik. Plus didukung Endah (drum), Eza (keyboard), Yosef (bass), Novi (lead gitar). Warna Jawa semakin menonjol pada lagu pilihan ‘’Anoman Obong’’.
Sedangkan Bitter Sweet membawakan lagu wajib ‘’Kota Cu’up’’ yang disuarakan Jiji tetap mempertahankan nuansa Rejang melalui irama perkusi Kelintang dan dhol. Serta lagu pilihan medley ‘’Indonesia Pusaka’’ dan lagu Bengkulu ‘’Ikan Pais’’ dan Botoi-botoi’’ yang dipadu vocal Fikri. Bara Coustik juga menyuguhkan ‘’Kota Cu’up’’ lewat suara Hafis dan lagu pilihan bernuansa Sunda, ‘’Manuk Dadali’’. Sedangkan instrument etnik yang ditampilkan untuk memperkuat aransemen musiknya berupa gendang dan kelintang.

Sedangkan juara I kategori pelajar, 420 Band dari SMAN4 Rejang Lebong tak kalah kreatif. Lewat lagu ‘’Kota Cu’up’’ dan lagu pilihan ‘’Bungong Jeumpa’’ Aceh yang dinyanyikan Angel juga menampilkan 2 perkusi etnik. Yakni, kelintang dan dhol.

Bandsos dari SMAN1 Rejang Lebong sebagai juara II juga menarik perhatian penonton. Lewat lagu wajib ‘’Kota Cu’up’’ dan ‘’Semulen Keme’’ yang disuarakan vokalis mungil, Acha tetap menonjolkan etnik Rejang melalui kelintang da dhol.

Sementara The Inside dari SMANSA Lebong juga tampak prima meniti babak final. Dua vokalisnya, Beri dan Reke tampak kompak menyanyikan lagu wajib ‘’Semulen Keme’’ dan lagu pilihan ‘’Sadei Keme’’.

Para juara I, II dan III kateri umum dan juara I, II dan III pelajar langsung diberikan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

‘’Penampilan para finalis mala mini bagus-bagus. Sehingga terpaksa bekerja ekstra untuk memilih yang terbaik,’’ Waldi dan Andi selaku juri mengakhiri.\

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *