Peringati Hari Kesaktian Pancasila 2024, Pemkot Bengkulu Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Share it
Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang pada tanggal 30 September 2024 (27/09/2024)(foto:Yudi/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang pada tanggal 30 September 2024. Imbauan ini ditujukan kepada seluruh rumah, kantor, sekolah, dan instansi terkait di Bengkulu, sebagai wujud penghormatan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Imbauan ini merujuk pada Surat Edaran dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor: 23224/MPK.F/TU. 02.03/2024. Dalam surat tersebut, dinyatakan bahwa pada tanggal 30 September 2024, setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, serta seluruh komponen masyarakat Indonesia diminta untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Selain itu, berdasarkan surat edaran yang sama, pada tanggal 1 Oktober 2024 pukul 06.00 waktu setempat, bendera merah putih diinstruksikan untuk kembali dikibarkan penuh satu tiang, menandai peringatan resmi Hari Kesaktian Pancasila. Pemkot Bengkulu juga mengajak masyarakat untuk mendengarkan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui kanal YouTube resmi Kementerian Pendidikan RI pada hari tersebut.

Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang peristiwa sejarah yang menegaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini akan digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, yang menjadi tempat bersejarah peristiwa pengkhianatan G30S/PKI.

Upacara tahun 2024 mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, mencerminkan semangat untuk membangun Indonesia yang maju dan berdaya saing. Puncak acara dijadwalkan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, beserta jajaran menteri dan pejabat negara lainnya.

Pemkot Bengkulu berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai wujud penghormatan terhadap Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yang menjadi dasar persatuan dan kesatuan bangsa.

Pewarta : Yudi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *