Pemkot Bengkulu Minta Developer Segera Serahkan PSU Perumahan

Share it
Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengimbau para developer perumahan untuk segera menyerahkan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) lingkungan perumahan kepada pemerintah (18/09/2024)(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengimbau para developer perumahan untuk segera menyerahkan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) lingkungan perumahan kepada pemerintah. Hal ini bertujuan agar pemerintah dapat mendukung pengembangan kawasan perumahan dengan fasilitas umum yang sehat, aman, dan terjangkau.

Menurut keterangan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Bengkulu, Toni Harisman, melalui Kepala Bidang Perumahan Rakyat, Ipo Every Ronald, hingga saat ini masih ada 60 developer yang belum menyerahkan PSU.

“Jumlah developer yang belum menyerahkan PSU ada 60, sementara yang sudah kami serahterimakan dan verifikasi berjumlah 74 developer,” ujar Ronald pada Rabu (18/9/2024).

Ronald menjelaskan bahwa kewajiban penyerahan PSU tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 9 Tahun 2009 tentang Pedoman Penyerahan PSU Perumahan dan Permukiman di Daerah, serta Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyerahan PSU Perumahan dan Permukiman Kota Bengkulu.

Lebih lanjut, Ronald menjelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh developer, antara lain surat pelepasan hak, jumlah rumah yang sudah dibangun lebih dari 80 persen, serta penilaian kelayakan untuk diserahkan kepada pemerintah.

“Kami telah mengirimkan surat himbauan kepada empat asosiasi developer terkait PSU ini, dan saat ini tinggal menunggu mereka melengkapi persyaratan,” jelas Ronald.

Pemkot Bengkulu terus melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada para developer terkait proses penyerahan PSU. Ronald menambahkan bahwa upaya ini sudah membuahkan hasil dengan banyaknya developer yang telah menyerahkan PSU mereka.

“Dengan penyerahan PSU ini, kami berharap kawasan pemukiman di Kota Bengkulu dapat lebih berkembang dan menyediakan fasilitas umum yang memadai bagi masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *