Pemkot Bengkulu Fasilitasi Kemitraan UMKM dengan Usaha Besar Melalui Penandatanganan SKKU

Share it
penandatanganan Surat Komitmen Kerjasama Usaha (SKKU) antara usaha besar dan UMKM. Acara penandatanganan ini digelar di Mercure Hotel Bengkulu.pada Selasa (10/09/24) (foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com  – Menguatkan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui kemitraan dengan usaha besar menjadi langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Melalui kerja sama ini, UMKM diharapkan dapat mengakses pasar yang lebih luas, mendapatkan teknologi yang lebih baik, serta meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian lokal.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), mengambil inisiatif dengan memfasilitasi penandatanganan Surat Komitmen Kerjasama Usaha (SKKU) antara usaha besar dan UMKM. Acara penandatanganan ini digelar pada Selasa (10/9/24) di Mercure Hotel Bengkulu.

Hadir dalam acara tersebut Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, didampingi Pj Sekda Eko Agusrianto. Selain itu, perwakilan dari Kementerian Investasi/BKPM, Abey Bahder, Kepala DPMPTSP, Irsan Setiawan, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut menyaksikan penandatanganan, di antaranya Kepala Bappeda, Kadis Perindag, Kadis Perkim, Kadis Koperasi, Kadis Kesehatan, dan Sekretaris Dinas Kominfo.

Sebanyak 10 usaha besar dan 24 UMKM dari berbagai bidang usaha turut berpartisipasi dalam penandatanganan SKKU tersebut. Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar UMKM di Kota Bengkulu semakin berkembang dan mampu berkontribusi lebih besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Dalam kaitan dengan pertumbuhan ekonomi, tentu investasi ini sangat kita butuhkan. Investasi biasanya datang dari usaha-usaha besar, dan penting bagi mereka untuk bermitra dengan UMKM. Di Kota Bengkulu, UMKM banyak, namun masih banyak yang belum memiliki mitra. Kemitraan ini harus dilandasi dengan komitmen yang kuat dan saling menguntungkan agar dapat berlangsung dalam jangka panjang,” ujar Arif.

Perwakilan dari Kementerian Investasi/BKPM, Abey Bahder, juga menekankan pentingnya kemitraan antara usaha besar dan UMKM. Menurutnya, kemitraan ini adalah peluang bagi UMKM untuk masuk ke dalam rantai global ekonomi, serta mendorong UMKM untuk berkembang menjadi lebih kompetitif dan inovatif.

“Terima kasih kepada DPMPTSP Kota Bengkulu yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga dengan dukungan pemerintah, UMKM dapat semakin maju dan menjadi tulang punggung ekonomi yang tangguh,” kata Abey.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *