Pemkot Bengkulu Perbaiki Belasan Box KWh Meter LPJU yang Rusak

Share it
Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dengan bantuan pihak PLN melakukan perbaikan secara masif terhadap Box KWh Meter yang rusak.(03/09/2024)(foto:Yudi/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com — Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) merupakan salah satu bagian vital dari prasarana jalan yang berfungsi memberikan penerangan pada malam hari. Salah satu komponen penting dari rangkaian LPJU adalah Box KWh Meter, yang berfungsi mencatat jumlah pemakaian listrik serta sebagai kontrol otomatis on-off LPJU.

Di Kota Bengkulu, terhitung ada belasan Box KWh Meter yang mengalami kerusakan akibat berbagai penyebab. Menyikapi hal ini, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dengan bantuan pihak PLN melakukan perbaikan secara masif terhadap Box KWh Meter yang rusak.

“Kami sedang melakukan perbaikan KWh Meter yang sudah rusak, ada yang rapuh, ada juga yang sudah tidak memiliki tutup lagi. Untuk tahap pertama ini, kami mendapatkan bantuan dari PLN sebanyak 15 KWh Meter. Seharusnya ada 25 KWh Meter yang diperbaiki, namun saat ini baru 13 yang telah diperbaiki, dan sisanya akan menyusul di akhir bulan,” ujar Kepala Dishub, Hendri Kurniawan.

Hendri menambahkan bahwa Box KWh Meter yang mengalami kerusakan ini berpotensi menimbulkan bahaya.

“Ini sangat berbahaya apabila dibiarkan terbuka. Jika anak-anak bermain di dekat box itu, arus listrik yang ada di dalamnya dapat membahayakan mereka,” jelasnya.

Sebelumnya, Dishub terus melakukan pemeliharaan dan perbaikan LPJU di berbagai wilayah di Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan penerangan yang memadai bagi masyarakat yang beraktivitas pada malam hari.

Perbaikan dan pemeliharaan LPJU ini menjadi prioritas utama Dinas Perhubungan guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga. Dishub juga mengoptimalkan peran grup Call Center yang setiap malam melakukan pemeriksaan rutin, serta memanfaatkan layanan darurat call center 112.

Masyarakat Kota Bengkulu diimbau untuk segera melaporkan jika ada lampu PJU milik Pemkot yang bermasalah di daerah mereka agar tindakan perbaikan dapat segera dilakukan.

Pewarta : Yudi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *