Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Imbau Warga Waspadai Penyebaran Penyakit Saat Pergantian Musim

Share it
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran berbagai penyakit yang umumnya meningkat saat pergantian musim(03/09/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran berbagai penyakit yang umumnya meningkat saat pergantian musim. Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani, menjelaskan bahwa perubahan musim seringkali menjadi pemicu meningkatnya kasus flu di kalangan masyarakat.

“Ketika terjadi pergantian musim, kita sering menyaksikan peningkatan kasus penyakit flu. Faktor perubahan cuaca dan kelembaban udara dapat memberikan kondisi yang mendukung penyebaran virus flu,” ujar Joni, Selasa (3/9).

Joni Haryadi juga memberikan beberapa saran untuk menjaga kesehatan selama pergantian musim.

“Kita harus menjaga fisik dan imun kita agar tidak turun. Disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan segar, sayur-sayuran, serta minum air putih yang cukup agar metabolisme tubuh tetap seimbang. Cuaca panas dan hujan ini membuat tubuh kita agak lambat menyesuaikan diri dan dapat menimbulkan penyakit flu serta lainnya,” imbuhnya.

Untuk mencegah penyebaran penyakit, Joni menekankan pentingnya menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kerumunan.

“Masyarakat diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan, menjaga kebersihan diri, sering mencuci tangan, dan menggunakan masker, terutama dalam situasi dengan interaksi sosial yang tinggi,” katanya.

Joni juga menyoroti bahwa kelompok seperti anak-anak, lansia, dan individu dengan kondisi kesehatan tertentu lebih rentan atau mudah terserang penyakit flu. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit flu, terutama pada periode pergantian musim.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *