Pj Walikota Bengkulu Saksikan Penyerahan RAN-PE Awards 2024 Melalui Zoom

Share it
Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, turut menyaksikan acara penyerahan penghargaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN-PE) Awards 2024 melalui Zoom di ruang monitoring center Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu.Senin (19/08/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, turut menyaksikan acara penyerahan penghargaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN-PE) Awards 2024 melalui Zoom. Acara ini digelar oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Senin (19/8/2024). Dalam kesempatan tersebut, Arif Gunadi didampingi oleh Asisten II Sehmi dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bengkulu, Soni, di ruang monitoring center Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu.

Acara RAN-PE Awards ini merupakan tindak lanjut dari surat Deputi Bidang Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Beberapa kepala daerah menerima penghargaan, termasuk Bupati Bandung, Supriatna, yang dianugerahi penghargaan untuk kategori Inisiator dan Berkomitmen dalam Pelaksanaan RAN-PE.

Menanggapi acara tersebut, Pj Walikota Arif Gunadi menyatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu juga berkomitmen kuat dalam upaya pencegahan ekstremisme yang dapat mengarah pada terorisme.

“Pemkot melalui Kesbangpol terus berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan, termasuk aparatur, TNI, Polri, organisasi masyarakat (Ormas), dan masyarakat luas, untuk mencegah dan menangkal ekstremisme, sebagai bagian dari implementasi RAN-PE,” ungkap Arif Gunadi.

Acara penyerahan penghargaan ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI yang meluncurkan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 pada Juni 2021. Sejak itu, Wakil Presiden secara aktif mengawal perkembangan pelaksanaan RAN-PE hingga fase pertama yang berakhir pada tahun 2024.

Penghargaan kategori Inisiator dan Berkomitmen dalam pelaksanaan RAN-PE diberikan kepada lembaga atau instansi yang memiliki komitmen tinggi dalam mendukung dan menginisiasi pelaksanaan RAN-PE di berbagai tingkatan, baik pusat maupun daerah. Kriteria penerima penghargaan ini mencakup adanya program atau kebijakan yang berkontribusi langsung terhadap Aksi RAN-PE, serta pelaporan aktif kepada Sekretariat Bersama (Sekber) RAN-PE dan dalam Sistem Informasi Pusat Kesehatan (SIPKS) Kemendagri.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *