Dua Anggota DPRD Terpilih Provinsi Bengkulu Mundur untuk Maju Pilkada 2024

Share it
Dua anggota legislatif terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu dari hasil Pemilu 2024 dipastikan mengundurkan diri untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada November 2024Selasa (13/08/2024)(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Dua anggota legislatif terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu dari hasil Pemilu 2024 dipastikan mengundurkan diri untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada November 2024. Kedua anggota tersebut adalah Jonaidi SP, yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Seluma, dan Windra Purnawan SP dari Dapil Kepahiang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Rusman Sudarsono, mengonfirmasi pengunduran diri kedua caleg tersebut. Rusman menjelaskan bahwa mereka akan digantikan oleh calon legislatif dengan perolehan suara terbanyak kedua dari partai masing-masing.

“Di Dapil Kepahiang, calon terpilih dari Partai Nasdem, Windra Purnawan, telah mengundurkan diri sebagai caleg terpilih dan akan digantikan oleh Rizki Heriaji Suwela. Sementara itu, Jonaidi dari Dapil Seluma akan digantikan oleh Nur Ali dari Partai Gerindra,” ujar Rusman pada Selasa (13/8/2024).

Rusman menambahkan bahwa langkah pengunduran diri ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) No 6 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum.

“KPU Provinsi telah menyampaikan salinan keputusan calon terpilih anggota DPRD Provinsi untuk pengucapan sumpah janji kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Bengkulu. Nama-nama tersebut beserta LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) sudah kami serahkan ke Pemda Provinsi Bengkulu,” tambah Rusman.

Lebih lanjut, Rusman menyebutkan bahwa pelantikan anggota DPRD Provinsi Bengkulu terpilih dijadwalkan pada 2 September 2024. Dengan pengunduran diri dua caleg ini, KPU Provinsi Bengkulu telah menyelesaikan tahapan Pemilu Legislatif dan siap melanjutkan persiapan untuk Pilkada.

Jonaidi dipastikan akan maju dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Seluma berpasangan dengan Erwin Octavian, dan akan menghadapi pasangan Teddy Rahman dan Gustianto. Sementara itu, Windra Purnawan akan berpasangan dengan Ramli dalam Pilbup Kepahiang, bersaing dengan pasangan Riri Damayanti-Ujang Irmansyah serta Zurdi Nata-Abdul Hafizh Roqib.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *