Rakor Penguatan Peran dan Fungsi Perangkat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat Digelar di Bengkulu

Share it
Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Peran dan Fungsi Perangkat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam dalam mewujudkan pembangunan nasional dan daerah.(19/07/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Daerah, M. Ikhwan, mengimbau peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Peran dan Fungsi Perangkat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam dalam mewujudkan pembangunan nasional dan daerah.

“Untuk mewujudkan pembangunan baik nasional maupun daerah, potensi sumber daya alam harus dikelola secara optimal. Di sinilah peran perangkat Gubernur dituntut sebagai wakil Pemerintah Pusat dalam mewujudkan pembangunan nasional melalui potensi sumber daya alam,” ujar M. Ikhwan dalam sambutannya.

Rakor yang berlangsung di Hotel Wilo Bengkulu ini diikuti oleh berbagai instansi pada Kamis (18/7). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat peran perangkat gubernur dalam pengelolaan sumber daya alam serta mempererat hubungan antar tingkatan pemerintah di daerah.

Menurut aturan, perangkat gubernur sebagai wakil pemerintah pusat terdiri atas sekretariat dan lima unit kerja perangkat daerah yang membidangi pemerintahan, keuangan daerah, perencanaan, pengawasan, hukum, dan organisasi. Peran ini penting untuk memastikan koordinasi dan sinergi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mencapai tujuan pembangunan.

“Hubungan gubernur dengan walikota dan bupati bersifat hierarkis di mana gubernur dapat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah. Kemudian peran gubernur sebagai kepala daerah dapat memperkuat orientasi wilayah,” tambah M. Ikhwan.

Rakor ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara perangkat gubernur dan instansi terkait dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan optimal, memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *