PIK-R Kota Bengkulu Unggul dalam Pemilihan Duta GenRe 2024

Share it
Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di Kota Bengkulu menonjol dalam pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2024, yang diselenggarakan pada Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas GenRe Provinsi Bengkulu tahun 2024(12/07/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di Kota Bengkulu menonjol dalam pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2024, yang diselenggarakan pada Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas GenRe Provinsi Bengkulu tahun 2024. PIK-R SMA Carolus dan PIK-R MEKAR dari SMA Negeri 8 Kota Bengkulu berhasil mengalahkan sejumlah PIK-R dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Juara I putra diraih oleh Daren Parlindungan Sihombing, siswa asal PIK-R SMA Carolus, sementara Juara I putri diraih oleh Halyah Zakira dari PIK-R MEKAR SMA Negeri 8. Untuk juara dua putra diraih oleh perwakilan GenRe asal Rejang Lebong yang berduet dengan juara dua putri asal Kota Bengkulu. Sementara itu, peringkat tiga baik putra maupun putri diraih oleh perwakilan GenRe asal Kota Bengkulu.

Malam grand final ADUJAK 2024 dihadiri oleh Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum, dan Politik Sekretariat Pemerintah Provinsi Bengkulu, Sisardi, M.M. Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Moh. Redhwan Arif, S.Sos, dan Kabid Dalduk DP3APPKB Provinsi Bengkulu, Willy Purnama.

Dalam sambutannya, Sisardi berharap ajang ini tidak hanya sebatas pertemuan, tetapi juga menjadi wadah bagi pemuda untuk mengekspresikan kreativitas serta mengembangkan bakat dan talenta mereka.

“Dengan demikian, remaja akan berkontribusi dalam pembangunan nasional. Para remaja yang meraih juara sebagai Duta GenRe diharapkan menjadi role model di tengah masyarakat,” ujar Sisardi.

Daren Parlindungan Sihombing dan Halyah Zakira, siswa asal PIK-R Kota Bengkulu, yang terpilih sebagai Duta GenRe 2024, siap menjalankan tugas mereka dengan semangat yang menginspirasi sesuai dengan tagline GenRe, “Setahun Menjabat, Seumur Hidup Menginspirasi.”

Berbekal pengetahuan dari PIK-R, kedua remaja ini berkeinginan untuk hadir di tengah masyarakat dengan memberikan manfaat dalam pembangunan kualitas remaja yang sehat dan mandiri.

Remaja harus memiliki keterampilan hidup (life skill) untuk berperilaku adaptif dan positif dalam menghadapi tantangan kehidupan. Keterampilan tersebut bisa diperoleh dengan mengikuti PIK-R di sekolah,” ungkap Daren.

Melalui bekal tersebut, Duta GenRe ingin bekerja sama dengan pemerintah untuk mendorong kemandirian remaja agar terhindar dari bahaya laten yang mengancam, yaitu perilaku seks bebas, pernikahan usia anak, dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, serta zat adiktif lainnya.

Ajang ini tidak hanya mengapresiasi para pemenang tetapi juga menegaskan pentingnya peran remaja dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan berdaya saing tinggi.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *