Kelompok Tani Kota Bengkulu Dukung Program Pertanian Gubernur Rohidin Mersyah

Share it
Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kelurahan Dusun Besar, Panorama, Jembatan Kecil dan sekitarnya, yang juga dikenal sebagai Gapoktan Cugung Kecik, menyatakan dukungan terhadap Program Pertanian yang diprakarsai oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.(30/06/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Kelompok tani di Kota Bengkulu yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kelurahan Dusun Besar, Panorama, Jembatan Kecil dan sekitarnya, yang juga dikenal sebagai Gapoktan Cugung Kecik, menyatakan dukungan terhadap Program Pertanian yang diprakarsai oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Cugung Kecik, Buyung Arasman, menyampaikan bahwa kehadiran Gubernur Bengkulu di tengah-tengah mereka membawa kebahagiaan tersendiri. Buyung berharap bahwa ke depan, para petani akan lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah.

Sekretaris Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Bengkulu, Ibnu Hafaz, juga menyatakan dukungannya terhadap program Pemerintah Bengkulu yang digalakkan oleh Gubernur Rohidin.

“Program revitalisasi irigasi di Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) sangat membantu para petani di sekitar mendapatkan pasokan air yang mencukupi”. ujar Ibnu Hafaz

Salah seorang petani dari Cugung Kecik, Mustafa, mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran Gubernur Rohidin. Dengan demikian, pemerintah dapat mengetahui bahwa di kawasan pertanian Cugung Kecik dan sekitarnya terdapat 350 hektare sawah yang sangat potensial untuk terus dikembangkan.

Para petani menghadapi banyak kendala selama ini, mulai dari permasalahan alat mesin pertanian (alsintan), pasokan bibit dan pupuk, hingga irigasi yang rusak. Hal ini mengakibatkan hasil pertanian padi yang tidak stabil.

Gubernur Rohidin mengatakan bahwa bersama dinas teknis dan pihak terkait,

“kita akan segera merespon permintaan para petani di wilayah DDTS dan sekitarnya. Mengenai permasalahan sumber air persawahan di sekitar DDTS, revitalisasi yang dilakukan tidak akan mengganggu musim tanam yang biasa dilakukan dua kali setahun oleh para petani.”ujarĀ  Rohidin.

Selain itu, terkait perbaikan irigasi sawah jangka panjang, Gubernur Rohidin telah meminta Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) untuk menyiapkan anggaran di APBD Perubahan 2024 atau pada APBD tahun depan. Termasuk juga penyiapan penambahan dan pengaturan distribusi bantuan alsintan bagi kelompok petani di sekitar kawasan DDTS, sehingga kelompok tani bisa lebih mengatur pemakaian alsintan untuk kelompok.

Dengan adanya program-program ini, diharapkan kesejahteraan para petani di Kota Bengkulu akan semakin meningkat dan hasil pertanian dapat lebih optimal.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *