Peresmian Pasar Jangkar Mas di Kota Bengkulu oleh Menteri Perdagangan RI

Share it
Peresmian pasar ini dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Dr. Zulkifli Hasan, SE, MM, di Kelurahan Sumber Jaya pada Jumat siangĀ  (14/06/2024).(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Kota Bengkulu resmi menambah satu pasar baru dengan peresmian Pasar Jangkar Mas di Kelurahan Sumber Jaya. Peresmian pasar ini dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Dr. Zulkifli Hasan, SE, MM, pada Jumat siang (14/6/2024).

Zulkifli Hasan, yang akrab disapa Zulhas, hadir didampingi oleh Sekjen Kemendag Suhanto, MM, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Drs. Isy Karim, M.Si, Direktur Sarana Perdagangan, Direktur Barang Kebutuhan Pokok, serta para eselon II dari Kementerian Perdagangan beserta jajarannya.

Acara ini juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Arif Gunadi, Bupati Lebong Kopli Ansori, Ketua DPRD Kota Bengkulu, mantan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Pj Sekda Eko Agusrianto, para staf ahli walikota, para asisten, dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Bengkulu.

Dalam sambutannya, Zulhas menyampaikan bahwa pembangunan Pasar Jangkar Mas ini dibiayai oleh dana tugas perbantuan (TP) Kementerian Perdagangan sebesar Rp 3 miliar yang selesai dibangun pada Desember 2023.

“Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan Pasar Jangkar Mas yang dibangun dari dana tugas perbantuan Kementerian Perdagangan. Pasar ini bisa menampung 79 pedagang. Tujuannya tentu untuk mendekatkan komunitas dan agar tumbuhnya UMKM baru. Kita ingin Indonesia maju dengan ekonomi yang merata dan banyak pengusaha kecil, bukan hanya konglomerasi,” ujar Zulkifli Hasan.

Zulhas juga menyebutkan bahwa dampak positif dari pembangunan pasar ini sudah mulai dirasakan, dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Alhamdulillah, saat ini ekonomi kita tumbuh lebih dari 5 persen dengan inflasi sebesar 2,81 persen. Sebagai perbandingan, inflasi di Turki mencapai 75 persen, sedangkan kita hanya 2,81 persen,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Zulhas memberikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 1,5 juta kepada warga yang berani maju menjawab pertanyaannya. Ia juga memberikan satu ekor sapi qurban untuk Asosiasi Pedagang Pasar dan membagikan beras kepada seluruh warga Sumber Jaya yang hadir dalam acara tersebut.

Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perdagangan dan jajarannya atas bantuan yang diberikan sehingga Pasar Jangkar Mas bisa berdiri.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Menteri Perdagangan beserta seluruh jajaran yang telah memberikan bantuan sehingga pasar ini bisa berdiri seperti yang kita lihat saat ini. Kami terus meminta perhatian kepada Kemendag karena masih ada 4 pasar lagi di Kota Bengkulu yang butuh revitalisasi,” ujar Arif.

Arif juga menyampaikan bahwa keberadaan pasar baru ini sangat strategis dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Pasar ini mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas perekonomian. Pembangunan dimulai pada 18 Agustus 2023 dengan luas bangunan 500 meter persegi yang bisa menampung 79 pedagang, mulai dari pedagang kelontong, ikan, ayam, dan daging,” jelas Arif.

Peresmian Pasar Jangkar Mas ini menjadi momentum berharga bagi masyarakat Bengkulu, menandai peningkatan fasilitas perdagangan yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *