Pemerintah Provinsi Bengkulu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Share it
Pemerintah Provinsi Bengkulu mengadakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas tahun 2045”, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Bengkulu pada Sabtu (01/06/2024).(foto: Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu mengadakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas tahun 2045”, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Bengkulu pada Sabtu (1/6).

Upacara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Acara ini diikuti oleh pasukan TNI dan Polri serta dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi, pejabat, dan Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Sekda Isnan Fajri menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki kekuatan yang luar biasa, yang telah terbukti sepanjang sejarah bangsa.

“Pancasila bukan hanya pondasi negara Indonesia, tetapi juga sebagai perekat dan pemersatu bangsa serta panduan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat,” ujar Sekda Isnan Fajri.

Ia juga menekankan bahwa meskipun Indonesia telah menghadapi berbagai ujian dan gelombang sejarah maupun kondisi sosial, negara tetap utuh berkat landasan ideologi Pancasila yang telah tertanam dalam jiwa masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Sudah terbukti, dengan berbagai macam ujian dan gelombang sejarah maupun kondisi sosial kita, namun negara yang kita cintai ini masih tetap utuh dan masih dengan jati diri dan jiwa pancasilais. Hal itu berkat landasan ideologi Pancasila yang sudah tertanam dalam jiwa masyarakat dan bangsa Indonesia,” tegas Sekda Isnan, usai upacara.

Sebagai anak bangsa dan pejabat aparatur negara, Sekda Isnan berharap momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat meningkatkan semangat dalam membangun negeri, khususnya Provinsi Bengkulu.

“Dengan adanya semangat Pancasila yang selalu kita perbaharui dan kita peringati ini, dapat meningkatkan rasa kerukunan dan menjadi modal dalam kita melakukan pembangunan di Provinsi Bengkulu,” tutur Sekda Isnan Fajri.

Ia juga menambahkan bahwa dengan masyarakat yang tenteram, kompak bersatu, dan gotong royong sesuai dengan semangat dan nilai-nilai Pancasila, cita-cita untuk menjadikan Bengkulu maju, sejahtera, dan hebat dapat tercapai.

“Kalau masyarakatnya tenteram, kompak bersatu dan gotong royong sesuai dengan semangat dan jiwa dan nilai Pancasila, InsyaAllah Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat, bisa kita capai,” demikian tegas Sekda Isnan Fajri.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *