Komandan Kodim 0407 Kota Bengkulu Sampaikan Ini kepada Kaum Milenial dan Generasi Z

Share it
Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di halaman depan masjid Merah Putih Kelurahan Pekan Sabtu, Sabtu (01/06/2024).(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com –  halaman depan masjid Merah Putih Kelurahan Pekan Sabtu telah dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024, Sabtu (01/06).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0407 Kota Bengkulu Letkol Inf. Widi Rahman, S.H., M.Si itu dihadiri oleh Kapolresta Bengkulu Kombes. Pol Dedy Nata, Sekda Kota Bengkulu Eka Rika Rino, dari pihak kejaksaan negeri Bengkulu, para staf ahli walikota, para asisten seluruh kepala OPD, seluruh camat, lurah dan ASN.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” ucap Dandim yang membacakan pidato dari kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Disampaikannya, tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, ia mengajak komponen bangsa dimanapun berada, terutama kaum milenial dan generasi Z (gen-Z) untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” ujarnya.

Kenapa yang lebih ditekankan adalah kaum milenial? “Karena pemuda itu adalah harapan bangsa. Jadi dengan semangat lahirnya pancasila saya menghimbau kepada seluruh pemuda-pemuda mari kita sama-sama mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila ini,” jelas Widi.

Sekda Kota Bengkulu Eka Rika Rino saat diwawacarai terkait hari lahir pancasila mengatakan bahwa kaum milenial dan gen z sudah diperhitungkan menjadi harapan Indonesia menuju Indonedia emas 2045.

“Jadi selain kaum milenial, Gen Z juga menjadi harapan menuju Indonesia 2024. Milenial ini masih dalam proses menjadi aktor pembangunan. Namun, dalam 22 tahun ke depan, merekalah yang akan menjadi aktor utama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Eka.

Dalam konteks ini, Eka memandang pentingnya investasi dalam Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai kunci meraih bonus demografi. Untuk itu, ia mengajak generasi muda Kota Bengkulu untuk mulai menyusun rencana Pembangunan Jangka Panjang daerah sekarang juga.

“Investasi dalam SDM menjadi kunci utama untuk meraih bonus demografi. Impian besar untuk Indonesia Emas 2045 harus didefinisikan oleh visi generasi muda saat ini. Mimpi 2045 harus dikawal oleh generasi muda, bukan hanya berdasarkan harapan kita saat ini. Mereka adalah aktor utama yang akan menjalankan pembangunan nantinya,”

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *