bupati islam pemerintah Rejang Lebong 

Bupati RL Lepas 239 Jemaah Calon Haji

Share it
Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM melepas 239 jemaah calon haji. Prosesi pelepasan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Curup pukul 08.00 WIB, Kamis, (16/5/2024).(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM melepas 239 jemaah calon haji. Prosesi pelepasan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Curup pukul 08.00 WIB, Kamis, (16/5).

Prosesi pelepasan dihadiri Sekda, Yusran Fauzi, ST, Wakapolres, Kompol. Tekad Parmo, Ketua MUI, Dr.Abu Dzar, LC, Kepala Kemenag, Lukman, S.Ag, MM. Ketua Baznas, Faisal Najarudin, S.Sos. Serta para kepala dinas instansi jajaran Pemkab.

‘’Secara nasional, dalam musim haji tahun 2024 ada 4.890 jemaah yang akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Almukarromah dengan masa tunggu 23 tahun. Dan 239 jemaah calon haji dan 1 tim pembimbing berasal dari Rejang Lebong. Insya’allah para jemaah dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur,’’ kata bupati.

Dikatakan, tingginya animo masyarakat untuk menunaikan ibadah haji ini merupakan bukti meningkatkan pembangunan sektor ekonomi, mental dan spiritual.

‘’Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat mulia di sisi Allah. Ibadah ini hanya bisa dilaksanakan di tanah suci Makkah Almukarromah. Dalam menjalankan ibadah ini dibutuhkan kesehatan dan kekuatan fisik. Jadi, para jemaah harus menjaga kesehatan. Istirahat yang cukup agar dapat menunaikan seluruh rangkaian ibadah. Selain itu, saya juga berharap agar seluruh jemaah dapat mendo’akan Rejang Lebong supaya aman, damai dan masyarakatnya sejahtera dan menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Dan kami yang berada di Rejang Lebong turut mendoakan agar para jemaah dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan mendapat predikat haji dan hajjah yang mambrur dan mabruroh,’’ demikian bupati.

Sementara Kepala Kemenag Rejang Lebong, Lukman, S.Ag, MM, menjelaskan, 239 jemaah calon haji ini diberangkat menuju asrama Bengkulu dengan 7 Bus Rafflesia.

‘’239 jemaah kita ini terbagi dalam 6 rombongan dan 24 regu. Tiap regu ada 10 orang. Jemaah akan bertolak ke Makkah melalui embarkasi Padang yang tergabung dalam Kloter 5. Jemaah didampingi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Bengkulu, tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) Rejang Lebong yang terdiri dari 1 dokter, 2 perawat. Serta didampingi pembimbing haji daerah (PHD) Bengkulu dengan 1 perawat dan 1 pembimbing ibadah,’’ demikian Lukman didampingi Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Rejang Lebong, Aditia Warman B, S.Ag.

Menjelang pukul 08.30 WIB, satu persatu para jemaah mulai memasuki bus. Ada 7 bus yang mengantar jemaah menuju asrama haji Bengkulu. Para sanak keluarga tidak diperkenankan masuk halaman Masjid Agung. Gerbang masjid dijaga ketat personel Polres dan Satpol PP. Kendati begitu, para pengantar masih ada yang berusaha masuk hingga memenuhi tangga masjid. Sedangkan di luar pagar masjid sanak keluarga yang mengantar tampak menyemut. Keberangkatan jemaah calon haji ini berjalan aman, tertib dan lancar.

Pewarta : Zoel

Editor: Ardy

Related posts

Leave a Comment