Budaya Daerah pemerintah Rejang Lebong 

Berikut Ini Juara-Juara Lomba Tari Kreasi Daerah Dalam Rangka HUT Kota Curup Ke-144

Share it
Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Curup Ke 144 Tahun 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong menggelar Lomba Tari Kreasi Daerah di Panggung Utama malam itu, Selasa,malam  (14/05/2024).(foto: Agus/Selimburcaya.com). 

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Curup Ke 144 Tahun 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong menggelar Lomba Tari Kreasi Daerah.

Lomba yang dilaksanakan di Panggung Utama malam itu, Selasa, (14/5) secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang SMP Dinas Dikbud Kab. Rejang Lebong, Rianti, S.Pd.

Dalam sambutannya, Rianti mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak dan para peserta lomba Tari Kreasi Daerah.Rianti mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memupuk dan menumbuhkan rasa cinta terutama para generasi muda di Kab. Rejang Lebong terhadap nilai-nilai budaya di Kab. Rejang Lebong.

Melalui kegiatan ini, Rianti berharap adanya proses pembelajaran nilai-nilai budaya masyarakat yang tetap terlestarikan melalui pelajar dan generasi muda di Kab. Rejang Lebong.

“Lomba seni tari kreasi ini sebagai bentuk kecintaan akan nilai-nilai tradisi dan budaya masyarakat Rejang Lebong untuk terus dilestarikan dan dikembangkan,” ucapnya.

Lomba tari kreasi daerah diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai sanggar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong yakni Sanggar Bumei Keme, Sanggar SDN 07 Rejang Lebong, Sanggar Taruna Taruni, Sanggar Nastar, Sanggar Genpita Ria, Sanggar SDN 02 Rejang Lebong dan Sanggar SMPN 02 Rejang Lebong.

Serta Sanggar Kec. Curup Tengah, Sanggar Kemilau Budaya, Sanggar UKM Seni Pat Petulai, Sanggar UKM Kesenian IAIN Curup, Sanggar Tunas Keme, Sanggar Tari Payung Rajo, E-Station Sanggar, Sanggar Ranar Sepayung, Sanggar Seni Lutinsia, Sanggar Putri Teknik, Sanggar Mojoa Malang dan Sanggar ZN Nur 104.

“Lomba ini diikuti oleh 19 peserta terdiri dari 7 peserta tingkat pelajar dan 12 peserta tingkat umum,” ujarnya.

“Dengan 4 kriteria penilian yakni pemilaian wiraga, wirama, wirasa dan wirupa,”katanya.

“Saya berpesan kepasa dewan juri untuk menilai secara profesional dan seobjektif mungkin,” tutupnya.

Hasil lomba Tari Kreasi Daerah Dalam Rangka Memeriahkan Hari Jadi Kota Curup Ke 144 Tahun 2024.

Hasil juara tingkat pelajar :
Juara I Sanggar SDN 02 Rejang Lebong
Juara II Sanggar Nastar
Juara III SMPN 02 Rejang Lebong
Juara IV Sanggar Taruna Taruni
Juara V SDN 07 Rejang Lebong
Juara VI Sanggar Bumei Keme

Juara tingkat umum :

Juara I Sanggar Putri Teknik
Juara II Sanggar Ranar Sepayung
Juara III Sanggar Mojoa Malang
Juara IV Sanggar Seni Lutinsia
Juara V Sanggar Tari Payung Rajo
Juara VI Sanggar UKM Kesenian IAIN Curup

Pewarta ;Agus

Editor: Ardy

Related posts

Leave a Comment